Tuesday, October 1, 2013

UNSUR-UNSUR BUDAYA


UNSUR-UNSUR BUDAYA INDONESIA


Definisi yang diberikan oleh Koentjaraningrat dapat dilihat dari peryataannya: “yang khas dan bermutu dari suku bangsa mana pun asalnya, asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga, itulah kebudayaan nasional”. Pernyataan ini merujuk pada puncak-puncak kebudayaan daerah dan kebudayaan suku bangsa yang bisa menimbulkan rasa bangga bagi orang Indonesia jika ditampilkan untuk mewakili identitas bersama. Nerikut beberapa unsue budaya Indonesia  :


1. Kepandaian bersawah dan bercocok tanam.

    Bercocok tanam merupakan hal paling awal dalam sebuah kegiatan untuk mendapaatkan pangan tanpa nomaden,hal ini dilakukan di seluruh penjuru dunia sejak jaman purba termasuk Indonesia.


2. Sistem teknologi dan peralatan
    Sejak jaman purba manusia sudah mengenal peralatan atau teknologi seperti dari yang paling sederhana tombak untuk berburu, batu yang diasah untuk dijadikan alat pemotong dan  dimasa sekarang pesawat teknologi transportasi masa kini yang berguna untuk berkelilimg ke tempat laain dengan mudah.


3. Dunia hiburan dan seni tradisional

    Indonesia sendiri memiliki hiburan dan seni  tradisional yang bisa dinikmati diantaranya:
                                                              
       Batik tulis Solo



                                                                  








 Musik gamelan











Tari Pendet-Bali



 Dari ketiga contoh hiburan dan seni tradisional bisa menjadi salah satu identitas bangsa kita yang patut kita lestarikan ajar identitas tersebut tidak punah. Kalau perlu,kita bisa mempelajarinya lebih dalam, salah satu hiburan dan seni trasdisional Indonesia,kemudian kita ajak teman-teman sekitar kita untuk lebih mengenal hiburan dan seni tradisional .



4.Bahasa

Sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia. Bahkan sudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris. Indonesia pun mempunyai bahasa daerah yang beragam, maka kita harus melestarikannya,Agar bahasa Indonesia bisa bertahan juga, kita harus lebih sering menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar


5.Sistem religi

    Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zat yang lebih dan Maha Kuasa. Indonesia memiliki 5 agama resmi yaitu, Islam,Kristen Katolik,Kristen Protestan,Hindu,Budha.
Agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideologi bangsa Indonesia, Pancasila: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sejumlah agama di Indonesia berpengaruh secara kolektif terhadap politik, ekonomi dan budaya. Menurut hasil sensus tahun 2010, 87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam, 6,96% Protestan, 2,9% Katolik, 1,69% Hindu, 0,72% Buddha, 0,05% Kong Hu Cu, 0,13% agama lainnya, dan 0,38% tidak terjawab atau tidak ditanyakan.

6.  Pendidikan

     Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
     Pendidikan di Indonesia adalah seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Kemdiknas), dahulu bernama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Depdikbud). Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan tiga tahun di sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
      Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, nonformal, dan informal. Pendidikan juga dibagi ke dalam empat jenjang, yaitu anak usia dini, dasar, menengah, dan tinggi.

7.  Ekonomi

      Indonesia memiliki ekonomi berbasis-pasar di mana pemerintah memainkan peranan penting. Pemerintah memiliki lebih dari 164 BUMN dan menetapkan harga beberapa barang pokok, termasuk bahan bakar, beras, dan listrik. Setelah krisis finansial Asia yang dimulai pada pertengahan 1997, pemerintah menjaga banyak porsi dari aset sektor swasta melalui pengambilalihan pinjaman bank tak berjalan dan asset perusahaan melalui proses penstrukturan hutang.
     Indonesia sendiri juga mempunyai produk lokal, akan tetapi masih banyak dari berbagai kalangan yang lebih tertarik untuk membeli produk luar negri,memang tidak bisa dipungkiri lagi,selain mungkin kualitas atau gengsi semata,padahal jika kita lebih menyukai produk dalam negri maka roda ekonomi di Indonesia bisa baik.Hal itu bisa dilakukan dari hal yang paling kecil, misalnya membeli produk pangan lokal(beras,buah dll).

Kesimpulan  :


 Agar unsur-unsur tersebut tidak punah, yang paling mendasar kita harus mempunyai rasa cinta terhadap negri sendiri,lalu kita turut serta mempertahankan,menginovasikan,mengharumkan unsur-unsur tersebut sesuai profesi kita masing-masing.







Sumber  :
 http://yanuirdianto.wordpress.com/2013/03/10/96/
 http://blog.travelkota.com/10-unsur-budaya-asli-indonesia/
 http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_di_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_Indonesia
gambar : google-image











No comments:

Post a Comment