Wednesday, November 9, 2016

KRITIK ARSITEKTUR : 30 St Mary Axe,pencakar langit di tengah kota KRITIK ARSITEKTUR PERTEMUAN KE 2

KRITIK PENAFSIRAN : Proses menafsirkan secara subjektif dalam menanggapi sebuah karya menghasilkan sebuah kritikan yang cenderung memberikan pandangan baru.


  • Kritik Advokasi :  Pembelaan tanggapan negatif dalam sebuah karya, tersaji dalam sebuah kritikan yang menunjukan hal positif dari karya tersebut,
  • Kritik Evokatif : Mengangkat kelebihan/sisi baik suatu karya bertujuan untuk menggugah daya tarik terhadap karya tersebut dengan sebuah pendapat secara emosional.
  • Kritik Impresionistik : Memberikan suatu kesan terhadap sebuah karya sehingga dapat mempengaruhi untuk membuat sebuah karya yang lebih baik lagi.


KRITIK DESKRIPTIF : Pendeskipsian sebuah karya dalam proses merespon apa yang dilihat yang dipengaruhi dengan apa yang diketahu dan diyakini.

  • Kritik Penjelasann : Memberikan gambaran terhadap sebuah karya dalam bentuk grafis, verbal dan prosedural.
  • Kritik Biografis : Menitikberatkan tentang gambaran tokoh pembuat sebuah karya.
  • Kritik Kontekstual : Membahas mengenai konteks pengaruh sosial, politik, ekonomi dan budaya terhadap sebuah karya arsitektur sehingga dapat terpengaruhi langgam/gaya bangunan.
 KRITIK ARSITEKTUR : 30 St Mary Axe,pencakar langit di tengah kota, London, United Kingdom


Profil

Bangunan ini berdiri di bekas situs Baltic Exchange (24-28 St Mary Axe), markas dari pasar global untuk penjualan kapal dan informasi pengiriman, dan Kamar Pengiriman (30-32 St Mary Axe). Pada tanggal 10 April 1992 IRA terjadi ledakan bom, menyebabkan kerusakan yang luas pada bangunannya dan sekitar.

Bangunan ini terus mengalami restorasi sejak kehancurannnya pada tahun 1992, hingga akhirnya pada tahun 1996, Pemerintah dan para perancangan, memiliki mmisi untuk membuat suatu bangunan yang menjadi iconic di kota tersebut.



Proses Perencanaan 

Pada tanggal 23 Agustus 2000, Wakil Perdana Menteri John Prescott diberikan izin perencanaan untuk membangun sebuah bangunan yang jauh lebih besar daripada Bursa lama di situs.Situs ini khusus karena diperlukan pembangunan, tidak pada salah satu "garis pandang" (bimbingan perencanaan mensyaratkan bahwa bangunan baru tidak menghambat atau mengurangi pandangan kubah St Paulus bila dilihat dari sejumlah lokasi di seluruh London), dan itu bertempat Baltic Exchange.

 Rencana untuk situs ini adalah untuk merekonstruksi Baltic Exchange. GMW Arsitek mengusulkan bangunan persegi panjang baru sekitar pertukaran-bentuk persegi dipulihkan akan memiliki jenis denah besar yang banyak disukai berbagai kalangan. Namun Pemerintah tidak melarang para perencana untuk berkreasi lebih, dan tidak perlu takut akan biaya.


Fakta Tentang Bangunan 

  • Dikembangkan oleh Swiss Re dan dirancang oleh arsitek Foster and Partners ini
    gedung kantor 40 lantai terletak di jantung Kota London. itu
    Bangunan ini resmi dibuka pada Maret 2004 dan menyediakan beberapa yang paling
    ruang kantor fleksibel dan ramah lingkungan di London.
  •  30 St Mary Axe luas site 1,4 are dan  180 meter
    tinggi sehingga bangunan tertinggi kedua di Kota London. Pada terlebar
    titik lingkar bangunan 178 meter (hanya dua meter kurang
    dari ketinggian) dan meruncing ke bagian atas dan bawah memberikan kesan bahkan
    ketinggian lebih besar.
  •  Bangunan ini bisa dinilmati kalangan umum untuk bagian tamannya dan restorannya yang berada i puncak untuk pemandangan yang London yang indah.

 
tampak depan :architectboy

tampak dalam:

The Gherkin - 30 St Mary Axe- flickr



tampak keseluruhan : architectboy





Sumber :
 https://en.wikipedia.org/wiki/30_St_Mary_Axe
http://www.buildingthegherkin.com/pdf/factsandfigures.pdf 
http://architectboy.com/the-gherkin-building-london/
https://www.flickr.com/groups/thegherkin/pool/goldenlad/



No comments:

Post a Comment