Wednesday, March 18, 2015

PKN2

Pelanggaran Ham di Indonesia 
Kasus penembakan misterius (Petrus) tahun 1982-1985
Penembakan misterius atau sering disingkat Petrus alias operasi clurit adalah operasi rahasia yang digelar mantan Presiden Soeharto dengan dalih mengatasi tingkat kejahatan yang begitu tinggi.
Operasi ini secara umum meliputi operasi penangkapan dan pembunuhan terhadap orang-orang yang dianggap mengganggu keamanan dan ketentraman masyarakat, khususnya di Jakarta dan Jawa Tengah. Pelakunya tak jelas, tak pernah tertangkap, dan tak pernah diadili.
(http://www.rappler.com/world/regions/asia-pacific/indonesia/77617-lima-kasus-besar-pelanggaran-ham-di-indonesia)
Menurut dari artikel di atas sudah terlihat jelas bahwa pelanggaran Ham Di indonesia pada masa suharto sangatlah Tidak manusiawi , di karenakan petrus sangat semena mena untuk membunuh orang yang memiliki beda pemikiran . hal ini sudah dapat menjadi bukti jelas bahwa suharto sangat lah memegang peran sentral teramat sangat pada periode orba . seharusnya pada masa itu Suharto harus tunduk dan mengikuti pancasila yang menjunjung tinggi azas kemanusiaan dan ketuhanan serta hidup berdampingan sesama warga negara dan keadilan . namun pada masa orba segala tentang pancasila serasa di hapuskan oleh keputusan keputusan presiden suharto yang bersifat sentral tersebut. namun ironis nya hal ini tetap terjadi pada era sekarang sehingga ham di anggap sebagai mainan saja dan tidak di anggap atau di gubris . Untuk  mempertahankan Ham itu kita haruslah berperan aktif sebagai warga negara sehingga negara pun tidak bertindak semena mena terhadap warga negara . karena pemerintahan ada di tujukan untuk rakyat jadi  pemerintahan harus patuh dan tunduk kepada rakyat .

No comments:

Post a Comment